Selasa, 24 Januari 2017

Cara Pelaporan BOP PAUD ONLINE 2016/2017



Image result for BOPHallo..Selamat pagi... kenapa saya bilang selamat pagi, karena kebetulan dikantor saya sedang free, jadi saya luangkan sedikit waktu saya untuk membagi sebuah tautan tentang Pelaporan BOP PAUD secara online. nah mohon maaf sebelumnya, mungkin saya sudah terlambat untuk memposting ini huehehe, tapi gapapalah, mana tau di lain waktu di pencarian google banyak situs yang bisa berbagi tentang BOP Online ini.

Nah kebetulan BOP bapak/ibu sekalian sudah cair ya huehehe, jangan lupa untuk melapor secara online kepada dinas pusat, selain sibuknya bapak/ibu mengurus SPJ nya juga :D 

BOP Online ini sebenarnya merupakan program baru yang diterapkan pemerintah pusat, namun untuk pendidikan tingkat SD, SLTP, dan SLTA sudah melakukan kegiatan ini sejak lama, selain mereka mengurus secara manual untuk diajukan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mereka juga melakukan pelaporan BOS secara Online. jadi program pelaporan BOP online ini masih terbilang baru. tanpa panjang lebar, mari kita simak langkah-langkah nya :


  1. Pertama silahkan bapak/ibu/sobat sekalian masuk ke situs aplikasinya APLIKASI PELAPORAN BOP ONLINE bapak/ibu/sobat sekalian nanti akan bertemu tampilan seperti berikut : 
  2. Selanjutnya silahkan bapak/ibu/sobat masukkan user dapodik sekolah masing-masing. jika sudah login tampilan akan muncul seperti ini : 
  3. Tampilan diatas, pertama bapak/ibu sekalian harus memasukkan data FORMULIR REALISASI yang terdapat beberapa kolom penerimaan dana BOP tersebut, seperti Tahun anggaran, Nama PAUD bpk/ibu, murid yang menerima BOP, dan tanggal realisasinya, secara otomatis pada kolom jumlah, akan secara otomatis menampilan anggaran yang diterima (Sesuai dengan jumlah murid) dan jangan lupa klik simpan.
  4. Jika sudah diiisi, bapak/ibu silahkan klik FORMULIR EVALUASI. dan bpk/ibu akan menemukan tampilan seperti dibawah ini : 
  5. Pada sub menu ini, bapak/ibu akan disuguhkan dengan beberapa data yang perlu di masukkan, lebih tepatnya kita akan memasukkan hasil laporan pengeluaran dana dari BOP tersebut, cara pengisiannya bapak/ibu diperkenankan memasukkan data dari paling kiri, mulai dari Tahun anggaran, terus hingga kebawah dan dilanjutkan dengan kolom yang disebelahnya. program ini secara otomatis akan menghitung dana yang kita masukkan kedalam kolom tersebut, jadi bapak/ibu tidak perlu menghitung, cukup hanya memasukkan laporannya saja. Pada kolom Peserta didik, Realisasi, dan evaluasi TIDAK PERLU dimasukkan karena pada kolom tersebut, program lah yang akan menghitung otomatis yang seperti saya sampaikan tadi, (Jika pada saat bapak/ibu mengisi data dan mengklik simpan, apa bila pada saat itu tiba-tiba data yang dimasukkan hilang pada kolom, bpk/ibu tidak perlu kawatir, silahkan melanjutkan pendataan karena data disimpan langsung menuju ke menu LAPORAN. 
  6. Menu laporan adalah menu dimana data yang telah bapak/ibu kerjakan/simpan secara otomatis terdata di BOP online berikut tampilan Laporan Realiasasi dan Evaluasi : 
  7. Nah itulah hasil dari pendataan PAUD yang pernah saya kerjakan. pada menu PENGUMUMAN dan DOWNLOAD menu tersebut untuk melihat perkembangan dan pengunduhan file yang diupdate oleh pusat.
Cukup mudah kan bapak/ibu Operator sekalian :D tidak serumit kita mengerjakan SPJ nya hehehe. sekian dulu dari saya, kalau ada salah kata-kata atau salah dalam penyampaian teori, saya mohon maaf karena saya juga masih belajar :D , apa bila masih kurang jelas, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Efek Blog